Kunjungan ke Candi Dermo di Desa Candi Negoro

Pewarta: Eva & Laras
Editor: Ferdi Afrar

Ekstra Pers Remaja SPENLOS (PERMAJA) melakukan kunjungan di Candi Dermo yang terletak di Desa Candi Negoro, Kecamatan Wonoayu, Kabupaten Sidoarjo. Tepatnya pada tanggal 18/9/22.

Candi Dermo merupakan candi peninggalan Kerajaan Majapahit yang diperkirakan dibangun pada tahun 1353 M. Candi ini telah mengalami beberapa perbaikan karena ada bagian candi yang rusak dan lapuk.

Candi Dermo sendiri sudah dilakukan dua kali pemugaran, tepatnya pada zaman kolonial Belanda dan tahun 2014 oleh BPCB (Badan Pelestarian Cagar Budaya) yang berpusat di Trowulan, Mojokerto.

“Candi ini telah dilakukan pemugaran kurang lebih 80% dari bentuk aslinya,” ucap juru bicara Candi Dermo.

“Tapi untuk ukiran di candi itu semua masih asli bila ada sedikit perubahan, karena pengaruh iklim dan cuaca,” begitu jelasnya.

Situs dan peninggalan purbakala banyak tersebar di sekitar area Candi Dermo, terdapat juga penemuan sejumlah struktur bangunan di sekitar pemukiman penduduk. Situs Candi Dermo ini terdiri dari sejumlah struktur, sumur kuno, dan beberapa benda seperti, blok batu, pahatan batu, dan arca yang menyerupai manusia bersayap. Untuk arca sudah diambil oleh BPCB dan di taruh di museum Trowulan. “Ya dulunya itu ada arca gajah bersayap tapi arcanya sudah di ambil oleh BPCB (Badan Pelestarian Cagar Budaya),” ucap juru bicara candi Dermo lagi.

Struktur Candi Dermo merupakan struktur yang lumayan lengkap dibanding dengan struktur-struktur bangunan candi lainnya. Usut punya usut ternyata Candi Dermo sendiri bukan merupakan candi namun gapura (Pintu masuk) Kerajaan Majapahit atau diperkirakan area pemukiman penduduk atau malah menuju bangunan suci.Peninggalan lain di area Candi Dermo terdapat juga batu linggayoni yakni sepasang batu yang memiliki lubang di bagian tengah dan batang batu. (Eva/Laras/Spenlos/Ferdi)

Pers Remaja

Recent Posts

PARADE PUISI DI HARI PENDIDIKAN NASIONAL

Pewarta: Rahmaniyah Dwi Larasati, Clarissa Aurellia, Nabila Nadifatu NajaEditor: Hasan Irsyad, S.Pd. smpn2sukodono.sch.id parade puisi…

2 minggu ago

TERIMA KASIH PAK QODIM, SELAMAT DATANG BU MAR’ATUS

Pewarta: Hasan Irsyad, S.Pd. smpn2sukodono.sch.id terima kasih pak qodim selamat datang bu maratus dsc05090 SMP…

1 bulan ago

SMP Negeri 2 Sukodono Mengimbaskan Adiwiyata ke SMP Negeri 1 Porong

Reporter: Sutri Winurati, S.S.Editor: Hasan Irsyad, S.Pd. smpn2sukodono.sch.id smp negeri 2 sukodono mengimbaskan adiwiyata ke…

2 bulan ago

BAZAR DAN PAMERAN KARYA DI GELAR KARYA P5

Pewarta: Galuh Candra Kirana (7E) & Prissa Asmira Kinanti (7E)Editor: Hasan Irsyad, S.Pd. smpn2sukodono.sch.id bazar…

2 bulan ago

Pelatihan dan Pendampingan Jurnalistik untuk Satgas Toleransi Spenlos

Pewarta: Rahmaniyah Dwi Larassati, Clarissa Aurellia, Galuh Candra KiranaEditor: Hasan Irsyad, S.Pd. smpn2sukodono.sch.id pelatihan dan…

3 bulan ago

SPENLOS BERSHOLAWAT UNTUK RAYAKAN ISRA’ MI’RAJ 1445 H

Pewarta: Galuh Candra Kirana (7E), Gladys Shaquila S. W. (7E), & Prissa Asmira Kinanti (7E)Editor:…

3 bulan ago