Membangun Sinergitas Sekolah, Orang Tua, dan Siswa

Membangun Sinergitas Sekolah, Orang Tua, dan Siswa
Berita oleh Hasan Irsyad

Gambar 1 Kiai Musthofa menyampaikan motivasi di hadapan guru, orang tua, dan siswa SMP Negeri 2 Sukodono


Untuk menyukseskan program-programnya demi mencerdaskan anak bangsa, SMP Negeri 2 Sukodono membangun komunikasi dan sinergi bersama orang tua dan siswa-siswinya. Usaha tersebut diwujudkan dalam kegiatan Parenting Education yang dilaksanakan selama dua hari, pada Sabtu (27/08) dan Minggu (28/08).
Kegiatan bertema “Sinergitas Sekolah, Orang Tua, dan Siswa dalam Mewujudkan Generasi Tangguh, Berprestasi, dan Berakhlak Mulia” tersebut diikuti oleh seluruh guru, orang tua/wali siswa, dan orang tua siswa-siswi SMP Negeri 2 Sukodono. Hadir sebagai motivator adalah K.H. Musthofa, M.Pd..
Kegiatan dibagi dalam tiga sesi. Dua sesi dilaksanakan pada hari Sabtu untuk kelas VIII dan IX, adapun untuk kelas VII dilaksanakan pada hari Minggu.
Dalam kegiatan tersebut, Bu Ratna selaku wakil kepala sekolah menyosialisasikan berbagai tata tertib yang harus ditaati siswa. Mulai dari keharusan datang tepat waktu, aturan seragam sekolah, larangan merokok, juga berbagai aturan serta larangan lainnya.
Adapun dalam ceramah motivasi, K.H. Musthofa menyampaikan berbagai nasihat. Kepada orang tua, beliau membeberkan rahasia agar mendapat rizki yang banyak dan barokah. Caranya adalah dengan memperbanyak dzikir kepada Allah, baik itu ketika sedang duduk, berdiri, ataupun dalam menjalankan aktifitas apapun. Beliau mengingatkan bahwa kita harus yakin bahwa Allah akan selalu mencukupkan rizki bagi semua makhluk-Nya, bahkan sebelum makhluk tersebut meminta. Beliau juga mewanti-wanti orang tua agar tidak terlalu ngotot untuk memaksa anak-anaknya masuk ke dalam suatu sekolah atau pekerjaan tertentu, terlebih sampai menyogok sana-sini supaya bisa memasukkan anaknya ke dalam instansi pendidikan atau instansi kerja tertentu. Yang terpenting adalah menjaga kehalalan harta yang digunakan untuk menafkahi putra-putrinya.
Adapun bagi siswa, pengasuh Ponpes Pitutur, Pasuruan, ini berpesan agar selalu patuh dan taat pada guru dan orang tua.Beliau mengingatkan pula akan beruntungnya sebagian besar kita yang masih bisa didampingi oleh orang tua lengkap. Sebab ada sebagian kecil anak-anak yang harus tumbuh tanpa kehadiran salah satu atau bahkan kedua orang tuanya.
Nasihat-nasihat dari Kiai Musthofa tersebut menjadi tambahan ilmu baik bagi siswa, orang tua siswa, maupun guru-guru SMP Negeri 2 Sukodono. Dan ilmu tersebut diharap bukan hanya dapat didengar, namun juga menjadi terapan dalam menjalankan pendidikan, baik di sekolah maupun di rumah bersama keluarga.

Operator

Share
Published by
Operator

Recent Posts

PARADE PUISI DI HARI PENDIDIKAN NASIONAL

Pewarta: Rahmaniyah Dwi Larasati, Clarissa Aurellia, Nabila Nadifatu NajaEditor: Hasan Irsyad, S.Pd. smpn2sukodono.sch.id parade puisi…

2 minggu ago

TERIMA KASIH PAK QODIM, SELAMAT DATANG BU MAR’ATUS

Pewarta: Hasan Irsyad, S.Pd. smpn2sukodono.sch.id terima kasih pak qodim selamat datang bu maratus dsc05090 SMP…

1 bulan ago

SMP Negeri 2 Sukodono Mengimbaskan Adiwiyata ke SMP Negeri 1 Porong

Reporter: Sutri Winurati, S.S.Editor: Hasan Irsyad, S.Pd. smpn2sukodono.sch.id smp negeri 2 sukodono mengimbaskan adiwiyata ke…

2 bulan ago

BAZAR DAN PAMERAN KARYA DI GELAR KARYA P5

Pewarta: Galuh Candra Kirana (7E) & Prissa Asmira Kinanti (7E)Editor: Hasan Irsyad, S.Pd. smpn2sukodono.sch.id bazar…

2 bulan ago

Pelatihan dan Pendampingan Jurnalistik untuk Satgas Toleransi Spenlos

Pewarta: Rahmaniyah Dwi Larassati, Clarissa Aurellia, Galuh Candra KiranaEditor: Hasan Irsyad, S.Pd. smpn2sukodono.sch.id pelatihan dan…

3 bulan ago

SPENLOS BERSHOLAWAT UNTUK RAYAKAN ISRA’ MI’RAJ 1445 H

Pewarta: Galuh Candra Kirana (7E), Gladys Shaquila S. W. (7E), & Prissa Asmira Kinanti (7E)Editor:…

3 bulan ago