Terwujudnya standar lulusan yang beriman, bertaqwa, berbudi pekerti luhur, cerdas, kompetitif, dan peduli lingkungan.
Terwujudnya standar perangkat pengembangan Kurikulum, Metode, dan Bahan Pembelajaran yang sesuai dengan ketentuan SNP.
Terwujudnya stándar proses pembelajaran yang aktif, efektif, kreatif dan menyenangkan, serta terjadinya penguatan pendidikan karakter.
Terwujudnya standar tenaga pendidik dan kependidikan yang memadai, dan memenuhi standar nasional pendidikan.
Terwujudnya standar sarana dan prasarana pendidikan yang memadai, media yang inovatif dan interaktif serta relevan dengan perkembangan IPTEK.
Terwujudnya standar manajemen berbasis sekolah yang tangguh.
Terwujudnya standar pembiayaan pendidikan, penggunaan sumber dana yang transparan dan reliabel.
Terwujudnya pendidikan yang menghasilkan lulusan yang beriman, bertaqwa, berbudi pekerti luhur, cerdas, dan kompetitif.
Terwujudnya kesadaran warga SMP Negeri 2 Sukodono untuk melestarikan lingkungan sekolah.
Terwujudnya kesadaran warga SMP Negeri 2 Sukodono untuk mencegah terjadinya pencemaran lingkungan sekolah.
Terwujudnya kesadaran warga SMP Negeri 2 Sukodono untuk mencegah terjadinya kerusakan lingkungan sekolah.
Terwujudnya kesadaran warga SMP Negeri 2 Sukodono untuk mewujudkan budaya bersih, sehat dan peduli pada lingkungan sekolah.
Seluruh indikator visi perumusannya telah mempertimbangkan tujuan pendidikan nasional, tuntutan SKL, Satuan Pendidikan dan berorientasi pada kepentingan daerah, nasional serta internasional. Di samping itu, pengembangannya juga memperhatikan pada potensi perkembangan kebutuhan dan kepentingan peserta didik.
a. Pembinaan intensif peserta didik dibidang keimanan dan ketaqwaan, kecerdasan, Iptek, dan kepedulian terhadap lingkungan hidup.
b. Pembinaan peserta didik yang memenuhi stándar nasional pendidikan.
c. Pembinaan prestasi baik akademik maupun non akademik
a. Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) sesuai dengan ketentuan SNP.
b. Upaya penyediaan dan pengembangan perangkat pembelajaran yang lengkap
c. Penyediaan dan pengembangan kurikulum muatan lokal yang mampu meningkatkan daya saing.
a. Penerapan model pembelajaran berbasis kontekstual (CTL) dan ICT (Information Comunication Technology).
b. Inovasi proses pembelajaran.
c. Penciptaan situasi pembelajaran yang, aktif, efektif, kreatif, dan menyenangkan.
d. Kegiatan pembiasaan yang bisa menumbuhkan karakter peserta didik.
a. Upaya tersedianya guru / tenaga pendidik yang berpendidikan minimal S1 dan bersertifikasi pendidik.
b. Upaya tersedianya tenaga kependidikan yang berpendidikan minimal SLTA.
c. Kegiatan pelatihan / kursus bahasa inggris untuk semua tenaga pendidik dan kependidikan.
d. Kegiatan pelatihan penguasaan komputer untuk tenaga pendidik dan kependidikan.
e. Kegiatan Workshop untuk penguasaan kurikulum KTSP bagi tenaga pendidik.
a. Upaya tersedianya media pendidikan yang inovatif dan interaktif.
b. Upaya tersedianya peralatan laboratorium dan bahan praktikum yang memadai serta relevan dengan perkembangan iptek.
c. Upaya tersedianya buku-buku sebagai sumber belajar yang mencukupi dan memadai.
a. MBS pada seluruh komponen sekolah.
b. Partisipasi komite sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan
c. Jaringan informasi akademik di internal maupun eksternal sekolah.
a. Penggalangan dana dari berbagai sumber.
b. Pengembangan jalinan kerjasama dengan penyandang dana.
c. Penyusunan RKAS secara terbuka.
d. Analisis pemenuhan standar biaya pendidikan secara bertahap dan berkelanjutan.
e. Penggunaan sumber dana sesuai dengan program.
f. Kegiatan laporan pendapatan dan pengeluaran secara transparan dan akuntabel.
a. Sistem penilaian sesuai dengan tuntutan Standar Nasional Pendidikan.
b. Model penilaian yang sesuai dengan sistem penilaian berbasis kelas (PBK) untuk semua mata pelajaran.
c. Kerja sama dengan pihak lain untuk melaksanakan tes akademik dan non akademik secara periodik.
Mewujudkan kesadaran warga SMP Negeri 2 Sukodono untuk melestarikan lingkungan sekolah melalui perawatan dan penggantian tanaman yang rusak.
Mewujudkan kesadaran warga SMP Negeri 2 Sukodono untuk mencegah terjadinya pencemaran lingkungan sekolah melalui menjaga kebersihan lingkungan dan mengurangi sampah plastik.
Mewujudkan budaya bersih, ramah, dan peduli lingkungan melalui TSP (Tahan untuk tidak membuang sampah sembarangan, Simpan sampah pada tempatnya, Pungut sampah adalah sedekah)
Mewujudkan sekolah yang asri, hijau dan rindang melalui gerakan penghijauan.
Melaksanakan kemitraan dengan DLHK, BPOM, Puskesmas, BNN, dan Instansi atau Lembaga lain di Kabupaten Sidoarjo dengan menjalin kerjasama yang baik lintas departemen.
Seluruh indikator visi perumusannya telah mempertimbangkan tujuan pendidikan nasional, tuntutan SKL, Satuan Pendidikan dan berorientasi pada kepentingan daerah, nasional serta internasional. Di samping itu, pengembangannya juga memperhatikan pada potensi perkembangan kebutuhan dan kepentingan peserta didik.